Menikmati Keindahan Tiga Telaga di Kabupaten Kuningan dalam Waktu 6 Jam

Kabupaten Kuningan mungkin belum sepopuler Kota Bandung atau Bogor, tetapi kabupaten yang berada di ujung timur Jawa Barat ini memiliki tempat wisata yang tak kalah indah dibandingkan kedua kota tersebut.  Bisa dibilang Kuningan memiliki jenis wisata lengkap, mulai dari wisata alam / ekowisata, wisata sejarah, wisata reliji, wisata kuliner, wisata budaya bahkan wisata bahari.  Letaknya yang berada di dataran tinggi dan berada persis di kaki Gunung Ciremai membuat kontur alamnya sangat indah dan beriklim sejuk. Kuningan berada di jalur penghubung antara Jawa Barat bagian Utara (Cirebon) dengan Jawa Barat bagian selatan (Ciamis & Tasik) dan berbatasan langsung dengan Cirebon, Majalengka, Ciamis dan Brebes.

Letaknya yang cukup strategis karena dekat dengan tol trans Jawa (Cipali), jalur kereta utara Jawa dan Bandara Kertajati membuat aksesnya relatif mudah. Dengan jarak hanya sekitar 200 km dari Jakarta bisa menjadikan Kuningan sebagai alternatif liburan akhir pekan warga Jakarta selain Bandung atau Bogor. Dari Jakarta kita bisa menggunakan kereta sampai Cirebon kemudian dilanjutkan dengan mobil atau langsung menggunakan mobil melalui tol Cikampek dan Cipali. Waktu yang dibutuhkan sekitar 3-5 jam.

Karena banyaknya tempat wisata yang bisa dikunjungi maka waktu yang diperlukan tidak cukup 1 – 2 hari. Jika kita hanya memiliki waktu yang terbatas maka salah satu alternatifnya adalah mengunjungi tiga telaga yang berada di Desa Kaduela, Kec Mandirancan, yaitu Telaga Biru, Telaga Remis dan Telaga Nilam. Ketiganya terletak berdekatan sehingga waktu yang diperlukan hanya sekitar 6 jam untuk menikmati keindahan kolam atau danau dengan mata air alami tersebut, dengan asumsi kita sudah berada di Cirebon atau Kuningan. Jarak ketiga telaga tersebut dari Cirebon sekitar 15-20 km dengan waktu tempuh sekitar 45-60 menit. Waktu yang paling tepat untuk menikmati ketiga telaga tersebut adalah pagi sampai siang hari. Jika kita ingin mendapatkan foto yang tidak “bocor” disarankan untuk datang pada pagi hari dan weekday karena relatif sepi.

Telaga Biru / Situ Cicerem

Sesuai dengan namanya telaga ini berwarna biru kehijauan terutama di pagi hari. Karena memiliki sumber mata air yang berasal dari kaki gunung Ciremai, air di telaga ini sangat jernih dan dingin. Saking jernihnya dasar telaga dan ikan-ikan dapat terlihat jelas dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Ratusan ikan berwarna-warni tanpa malu-malu akan langsung menghampiri pengunjung yang berada di tepian telaga dan berharap diberikan makanan. Mungkin karena sudah sering diberi makan oleh pengunjung sehingga mereka sudah terbiasa dengan kehadiran manusia. Dengan membeli pakan ikan seharga Rp 3.000,- per bungkus kita bisa menarik perhatian ikan-ikan tersebut agar lebih lama berada dekat kita. Terdapat beberapa jenis ikan diantaranya Mas, Nila, Gurami dan Lele, tetapi yang paling dominan adalah ikan Mas dan Nila.

7C711DB7-0F57-4B07-9CD4-FC345CCA0E19
Selamat datang di Situ Cicerem
0915E136-1600-4EF7-9125-BBF1CF295F8D
Mumpung sepi foto dulu lah yaa..hehe

Selain bermain dengan ikan, pengunjung juga bisa berselfi ria di sekitar telaga yang pasti akan instagramable. Untuk menambah keindahan foto, pengelola mendirikan fasilitas berupa ayunan pada batang pohon yang menjorok ke telaga dan dermaga yang menjorok ke tengah khusus untuk foto. Selain itu di akhir pekan pengunjung bisa bersantai di tepi atau tengah telaga dengan menggunakan balon apung.

4EEBBF80-B29C-40B9-A1C5-9B200C4FD3A9
Jomblo dilarang naik yaaa..Hehe
0514E9B1-B9B5-4720-B0F5-7B8B6712549F
I LOVE U

Jam buka : 08.00 – 17.30 ; harga tiket : Rp 5.000,- ; Parkir : Rp 5.000,-

Telaga Remis

Jarak antara Telaga Biru dengan Telaga Remis hanya sekitar 2 km melewati jalan kecil (kondisi cukup baik) dan berkelok-kelok. Telaga Remis lebih luas dibandingkan dengan Telaga Biru tetapi disini kita tidak bisa melihat ikan-ikan besar berwarna-warni, ikan disini relatif lebih kecil. Dasar kolam dipenuhi oleh tanaman air, berbeda dengan Telaga Biru yang hanya ada batu dan pasir.

95EB9436-FBED-408D-862C-68EF68D51816
Salah satu spot foto di Telaga Remis
Processed with VSCO with oak3 preset
1,,,2,,,3,,, cekrek!!!

Pengunjung bisa menikmati telaga ini dengan menggunakan “bebek-bebekan” atau perahu. Selain itu kita bisa bercengkrama dengan penduduk setempat yang sedang memancing. Menurut salah satu pemancing, ikan yang ada disana mayoritas ikan Nila atau Mujaer dan ada yang beratnya mencapai 6 kg. Bagi pecinta fotografi tempat ini pasti akan membuat betah berlama-lama karena banyak sekali objek foto yang bisa dijadikan bidikan kamera.

Processed with VSCO with al2 preset
Penduduk lokal yang sedang memancing

Jam buka : 08.00 – 17.30 ; harga tiket : Rp 15.000,- ; Parkir : Rp 5.000,-

Telaga Nilam

Jarak dari telaga Remis ke telaga Nilam hanya beberapa ratus meter saja. Berbeda dengan dua telaga sebelumnya, telaga ini ibarat kolam renang alami. Pengunjung bisa berenang sepuasnya sambil menikmati kejernihan dan dinginnya air telaga. Diantara tiga telaga, saya rasa air di telaga ini yang paling jernih mungkin karena dasar telaga didominasi batuan dan tanaman air. Bagi yang membawa anak kecil tidak perlu khawatir karena disini ada kolam yang cukup dangkal yang bisa digunakan berenang oleh anak-anak.

E50A769B-1455-4AD0-9FEB-721549AF0700
Sekilas tentang biota di Telaga Nilam

_DSF2784

CFDB76AC-F70D-4E14-8E8F-01FBDCA2DFCE
Jernih banget ya
Processed with VSCO with au5 preset
Jangan lupa bawa perlengkapan renang ya..

Jam buka : 08.00 – 17.30 ; harga tiket : Rp 10.000,- ; Parkir : Rp 5.000,-

 

 

Author: travellingwithpanda

Anak kampung yang kebetulan suka jalan sama foto-foto, bukan karena banyak duit tapi karena sering stress 😬

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s